teknik baru seputar tentang SEO

Search Engine Optimization
Search Engine Optimization – dikenal luas dengan singkatan SEO – telah menjadi sesuatu yang sangat penting bagi banyak orang dengan berbagai macam latar belakang.  Secara sempit SEO adalah segala upaya yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan ranking website kita di search engine (mesin pencari), baik yang kita lakukan langsung pada website kita sendiri (on-page) ataupun faktor-faktor eksternal dari luar website kita (off-page). Biasanya aktifitas ini menyangkut rekayasa terhadap elemen dan isi website kita, dan sebagian besar dilakukan tanpa memerlukan biaya.
Search Engine Marketing – SEM – memiliki cakupan yang lebih luas dari SEO. Secara khusus SEM juga mencakup PPC (pay per click – kita membayar mesin pencari untuk setiap pengunjung yang datang ke website kita melalui mesin pencari tsb.) SEM menyangkut apapun yang kita lakukan untuk mendapatkan sebanyak mungkin pengunjung ke website kita melalui mesin pencari.
Umumnya kita tidak memisahkan keduanya. SEM bertujuan untuk mendatangkan pengungjung sebanyak-banyaknya ke website kita melalui mesin pencari, dimana salah satu caranya adalah dengan memiliki ranking yang tinggi mesin pencari. Kita juga dapat memantaatkan fenomena baru di masyarakat dunia maya, yaitu media sosial. Media sosial adalah suatu bentuk jaringan untuk saling berbagi informasi di internet. Anda dapat melihatnya sebagai bentuk canggih dari cara manusia untuk berbagi informasi yang dianggapnya penting atau menarik dengan kenalan-kenalannya. Penggunaan media sosial untuk meningkatkan kunjungan ke website kita disebut Social Media Marketing (SMM).
Ada beberapa langkah dan trik yang perlu kita ambil jika kita ingin menjadi terkenal di search engine, antara lain:

1. Pemilihan keyword yang baik. Keyword sangat menentukan tingkat SEO blog kita di Google. Usahakan memilih keyword yang unik dan familiar. Banyak tools yang bisa digunakan untuk mencari keyword yang baik seperti keyword elite (www.keywordelite.com), Good Keywords Tool (www.goodkeywords.com), dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda juga bisa menggunakan google.com untuk mencari keyword yang tepat untuk blog anda.

2. Langkah yang harus diambil jika anda baru memiliki blog adalah mendaftarkan blog anda ke search engine. Ada berbagai macam tool yang bisa digunakan untuk mendaftarkan blog anda ke search engine, salah satunya anda bisa menggunakan http://submitexpress.com/ dimana anda bisa mendaftarkan blog anda secara bersamaan ke 40 situs pencari. Namun, kembali lagi ke masalah awal bahwa hingga saat ini google masih menjadi mesin pencari favorit maka anda harus memastikan dengan baik bahwa blog anda sudah terdaftar di google. Bagaimana caranya? Untuk membahas cara mendaftarkan blog anda ke google, saya akan membahasnya lebih lanjut (sabar ya… )

3. Salah satu hal yang juga mempengaruhi SEO adalah keseriusan kita dalam mengelola blog. Artinya, jika anda baru memiliki blog, maka anda harus selalu merawat website anda dan meng-update konten secara berkala. Setiap konten atau posting-an di sarankan minimal 200 kata. Anda jangan ragu untuk membahas hal yang sudah pernah diposting oleh blogger lain, yang penting gak jiplak (nyontek). Bahasa yang anda gunakan juga harus bahasa anda. Mesin perayap google (spider) akan sangat membenci blog plagiat yang hanya bisa copy paste aja. Pede aja lah.

4. Salah satu langkah salah bagi new blogger adalah ketika kita gelap mata memasang berbagai macam iklan dan banner berbayar di blog kita. Secara tidak langsung hal tersebut akan mengurangi nilai blog anda di mata google dan tentu saja menurunkan level anda di google. Hal ini juga sempat saya alami, maklum…. Tapi setelah saya membersihkan blog saya dari segala macam iklan dan banner, level saya dah mulai naik. Anda bisa mencoba dengan keyword “YM Online Button” Mungkin blog saya masih masuk 10 besar di halaman pertama google. Kalo tidak ada di halaman pertama mungkin saya harus merawat blog ini dengan lebih baik lagi. Saya tidak menyangkal kalo saya juga masih amatiran di bidang blog dan nge-blog, atau kata lainnya saya ini masih goblog nge-blog. Gambar di bawah ini saya ambil tanggal 3 Feb 2009 untuk keyword “YM Online Button”


5. Langkah yang berikutnya adalah berdoa. Jika semua usaha sudah anda lakukan, langkah terakhir adalah berdoa.

Nah kira-kira begitulah bahasan saya mengenai Teknik SEO, namun sekali lagi, saya bukan ahli SEO atau Guru SEO jadi mohon maaf jika postingan saya ini ternyata tidak sesuai dengan yang anda ketahui. Mudah-mudahan lain waktu (dengan bermodal kenekatan dan sok tau) orang bodoh ini bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang Misteri Google Page Rank, Tips dan Trik Blogspot, Joomla, CMS dan Bisnis Online. Terimakasih atas waktu anda membaca postingan ini sampai titik terakhir. Titik.


SUMBER :http://joe-bisnis.blogspot.com/2009/02/tentang-seo.html
             http://www.seobali.com/tentang-seo/

1 komentar